Fixy-Fact
Hi,

Are you a member? Please Log In. If not, please click 'Register' on above menu. Quick to register and simply just click here to make an account, this account will become your identity while you enjoy full features of Fixy-Fact forum and make sure you fill in data with correctly.

Make sure you read terms of agreement in our forum to prevent disobedient, click here to go.

Thank you for your concern!

Best,
Fixy-Fact Team

Misteri Dunia Makluk Halus

Go down

Misteri Dunia Makluk Halus

Post by -KeyduT_F2- on Fri Dec 24, 2010 10:43 pm

Pada kenyataannya banyak orang yang tertarik menelaah pada dunia mahkluk halus, barang kali mereka mendengar beberapa cerita atau membaca tulisan atau dari buku-buku. Bagi orang yang telah mencapai ilmu sejati dalam kejawen atau mungkin yang sudah menguasai metafisika, dunia mahkluk halus itu biasa adanya, bukannya omong kosong. Dibawah ini digambarkan informasi dari dunia-dunia mereka versi kejawen,dimana ( lebih dari satu dunia ) paling tidak yang terjadi ditanah Jawa.


Banyak ahli kejawen mempunyai pendapat yang sama bahwasanya di dalam dunia yang satu dan sama ini, sebenarnya dihuni oleh tujuh macam alam kehidupan, termasuk alam yang dihuni oleh manusia.

Di dunia ini memiliki tujuh saluran kehidupan yang ditempati oleh bermacam-macam mahkluk. Mahkluk-mahkluk dari tujuh alam tersebut, pada prinsipnya mereka mengurusi alamnya masing-masing, aktivitas mereka tidak bercampur setiap alam mempunyai urusannya masing-masing. Dari tujuh alam itu hanyalah alamnya manusia yang mempunyai matahari dan penduduknya yang terdiri dari manusia, binatang dan lain-lain mempunyai badan jasmani.

Penduduk dari 6 alam yang lain mereka mempunyai badan dari cahaya (badan Cahya) atau yang secara populer dikenal sebagai mahkluk halus – wong alus – mahkluk yang tidak kelihatan.

Di 6 alam itu tidak ada hari yang terang berderang karena tidak ada matahari. Keadaannya seperti suasana malam yang cerah dibawah sinar bulan dan bintang-bintang yang terang, maka itu tidak ada sinar yang menyilaukan seperti sinar matahari atau bagaskoro (Jawa halus)

Konon Ada 2 macam mahkluk halus :

1.Mahkluk halus asli yang memang dilahirkan – diciptakan sebagai mahkluk halus.

2.Mahkluk halus yang berasal dari manusia yang telah meninggal. Seperti juga manusia ada yang baik dan jahat, ada yang pintar dan bodoh.

Mahkluk-mahkluk halus yang asli mereka tinggal di dunianya masing-masing, mereka mempunyai masyarakat maka itu ada mahkluk halus yang mempunyai kedudukan tinggi seperti Raja-raja, Ratu-ratu, Menteri-menteri dll, sebaliknya ada yang berpangkat rendah seperti prajurit, pegawai, pekerja dll.

Inilah kenyataannya yang bukan hanya merupakan ilusi atau bayangan semata, alam lain itu antara lain :

1. Merkayangan
Kehidupan di saluran ini hampir sama seperti kehidupan di dunia manusia, kecuali tidak adanya sinar terang seperti matahari.

Dalam dunia merkayangan mereka merokok, rokok yang sama seperti dunia manusia, membayar dengan uang yang sama, memakai macam pakaian yang sama, ada banyak mobil yang jenisnya sama di jalan-jalan, ada banyak pabrik-pabrik persis seperti di dunia manusia. Yang mengherankan adalah, mereka itu memiliki tehnologi yang lebih canggih dari manusia, kota-kotanya lebih modern ada pencakar langt, pesawat-pesawat terbang yang ultra modern dll.
Ada juga hal-hal yang mistis di dunia Merkayangan ini, kadang-kadang bila perlu ada juga manusia yang diundang oleh mereka antara lain untuk: melaksanakan pertunjukkan wayang kulit, menghadiri upacara perkimpoian, bekerja di batik, rokok dan manusia-manusia yang telah melakukan pekerjaan di dunia tersebut, mereka itu dibayar dengan uang yang syah dan berlaku seperti mata uang di dunia ini.

2. Jin-Siluman

Mahkluk halus ini konon suka tinggal didaerah yang ber air seperti di danau-danau, laut, samudera dll, masyarakat siluman diatur seperti masyarakat jaman kuno. Mereka mempunyai Raja, Ratu, Golongan Aristokrat, Pegawai-pegawai Kerajaan, pembantu-pembantu, budak-budak dll. Mereka bisa tinggal di Keraton-keraton, rumah-rumah bangsawan, rumah-rumah yang bergaya kuno dll.

Kalau orang pergi berkunjung ke Solo-Yogyakarta atau jawa Tengah, orang akan mendengar cerita tentang beberapa siluman antara lain: Kanjeng Ratu Kidul – Ratu Laut Selatan, Ratu legendaris, berkuasa dan amat cantik, yang tinggal di istananya di Laut Selatan, dengan pintu gerbangnya Parangkusumo. Parangkusumo ini terkenal sebagai tempat pertemuan antara Panembahan Senopati dan Kanjeng Ratu Kidul, dalam pertemuan itu, Kanjeng Ratu Kidul berjanji untuk melindungi semua raja dan kerajaan Mataram.

Beliau mempunyai seorang patih wanita yang setia dan sakti yaitu Nyai Roro Kidul, kerajaan laut selatan ini terhampar di Pantai Selatan Pulau Jawa, di beberapa tempat kerajaan ini mempunyai Adipati. Seperti layaknya disebuah negeri kuno di kerajaan laut selatan ini juga ada berbagai upacara, ritual dll dan mereka juga mempunyai angkatan perang yang kuat. Sarpo Bongso-Penguasa Rawa Pening.

Sebuah danau besar yang terletak di dekat kota Ambarawa antara Magelang dan Semarang. Sarpo Bongso ini siluman asli, yang telah tinggal di telaga itu untuk waktu yang lama bersama dengan penduduk golongan siluman. Sedangkan kanjeng Ratu Kidul bukanlah asli siluman, beberapa abad yang lalu beliau adalah seorang Gusti dikerajaan di Jawa, tetapi patihnya Nyai Roro Kidul adalah siluman asli sejak beberapa ribu tahun yang lalu.

3. Kajiman

Mereka hidup dirumah-rumah kuno di dalam masyarakat yang bergaya aristokrat, hampir sama dengan bangsa siluman tetapi mereka itu tinggal di daerah-daerah pegunungan dan tempat-tempat yang berhawa panas. Orang biasanya menyebut merak Jim.

4. Demit
Bangsa ini bertempat tinggal di daerah-daerah pegunungan yang hijau dan lebih sejuk hawanya, rumah-rumah mereka bentuknya sederhana terbuat dari kayu dan bambu, mereka itu seperti manusia hanya bentuk badannya lebih kecil.

Disamping masyarakat yang sudah teratur seperti Merkayangan, Siluman, Kajiman, dan Demit masih ada lagi dua menjelaskannya lebih detail, secara singkat kedua masyarakat itu adalah untuk mereka yang jujur, suci dan bijak. Mahkluk halus yang tidak sempurna.

Disamping tujuh macam alam permanen tersebut, ada sebuah saluran yang terjepit, dimana roh-roh dari manusia-manusia yang jahat menderita karena kesalahan yang telah mereka perbuat pada masa lalu, ketika mereka hidup sebagai manusia.

Manusia yang salah itu pasti menerima hukumaan untuk kesalahan yang dilakukannya, hukuman itu bisa dijalani pada waktu dia masih hidup di dunia atau lebih jelek pada waktu sesudah kehidupan (afterlife) diterima oleh orang-orang yang sudah melakukan: fitnah, tidak jujur, prewangan (orang yang menyediakan raganya untuk dijadikan medium oleh mahkluk halus), blackmagic, guna-guna yang membuat orang lain menderita, sakit atau mati dll, pengasihan supaya dikasihi oleh orang lain dengan cara-cara yang tidak wajar, membunuh orang, dll perbuatan yang nista.

Memuja berhala untuk menjadi kaya (pesugihan) yang dimaksud dengan berhala dalam kejawen bukanlah patung-patung batu, tetapi adalah sembilan macam mahkluk halus yang katanya, “suka menolong” manusia supaya menjadi kaya dengan kekayaan meterial yang berlimpah.

Pemujaan terhadap kesembilan mahkluk jahat itu merupakan kesalahan fatal, mereka itu bila dilihat dengan mata biasa kelihatan seperti:

Jaran Penoreh - kuda yang kepalanya menoleh kebelakang

Srengara Nyarap - anjing menggigit

Bulus Jimbung - bulus yang besar

Kandang Bubrah - kandang yang rusak

Umbel Molor - ingus yang menetes

Kutuk Lamur - sebangsa ikan, penglihatannya tidak terang

Gemak Melung - gemak, semacam burung yang berkicau

Codot Ngising - kelelawar berak

Bajul Putih - buaya putih.

Bagi mereka yang telah melakukan kesalahan dengan jalan memuja atau menggunakan “jasa-jasa baik“ berhala diatas, mereka tentu akan mendapat hukuman sesudah “kematiannya“ badan dan jiwa mereka mendapat hukuman persyaratan sangkan paraning dumadi (datang dari suci, di dunia ini hidup suci dan kembali lagi ke suci)

Berbagai macam hukuman sesudah kehidupan

Ini merupakan hukuman yang teramat berat, tidak ada penderitaan yang seberat ini, maka itu setiap orang harus berusaha untuk menghindarinya.

Bagaimana caranya? mudah saja: bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dengan melakukan perbuatan yang baik dan benar, berkelakuan baik, jujur, suka menolong, jangan menipu, jangan mencuri, jangan membunuh, jangan menyiksa, jangan melakukan hal-hal yang jelek dan nista.

Ada pepatah Jawa yang bunyinya “Urip iku mung mampir ngombe“ artinya hidup didunia ini hanyalah untuk mampir minum, itu artinya orang hidup didunia ini hanya dalam waktu singkat maka itu berbuatlah yang pantas/”bener”.

sumber http://yasirmaster.blogspot.com/2008/11/dunia-mahluk-halus.html
avatar
-KeyduT_F2-
Fixy-Fact Worker
Fixy-Fact Worker

Posts : 275
Credits : 471
Reputation : 1
City : Bekasi - Surabaya
Browser : Google Chrome

View user profile

Back to top Go down

Re: Misteri Dunia Makluk Halus

Post by DonFixyboys* on Sat Dec 25, 2010 8:03 am

nice ingpo :))
avatar
DonFixyboys*
The Godfather
The Godfather

Posts : 642
Credits : 1395
Reputation : 26
City : Jakarta
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Misteri Dunia Makluk Halus

Post by -KeyduT_F2- on Sat Dec 25, 2010 3:55 pm

Jempol... Jempolnya donk Mo.. :D
avatar
-KeyduT_F2-
Fixy-Fact Worker
Fixy-Fact Worker

Posts : 275
Credits : 471
Reputation : 1
City : Bekasi - Surabaya
Browser : Google Chrome

View user profile

Back to top Go down

Re: Misteri Dunia Makluk Halus

Post by hantuasia on Sat Dec 25, 2010 3:59 pm

@mr_adie wrote:nice ingpo :))

komennya yg bermutu dong Silent Smile
iini adminnya justru nyonyohin yg gk baik ya Kesel


:warn:
avatar
hantuasia
Fixy-Fact Citizen
Fixy-Fact Citizen

Posts : 37
Credits : 38
Reputation : 1
City : DKI jakarta
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Misteri Dunia Makluk Halus

Post by sekenflix on Sat Dec 25, 2010 4:09 pm

hantuasia wrote:
@mr_adie wrote:nice ingpo :))

komennya yg bermutu dong Silent Smile
iini adminnya justru nyonyohin yg gk baik ya Kesel


:warn:

Ya saya setuju... hahahahha Silent Smile
avatar
sekenflix
Fixy-Fact Worker
Fixy-Fact Worker

Posts : 180
Credits : 202
Reputation : 9
City : Lampung
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Misteri Dunia Makluk Halus

Post by -KeyduT_F2- on Sat Dec 25, 2010 4:15 pm

@Dua Ke Atas : Kan bener ini nice ingpo.. Sangking nice'nya gk bisa coment apa2 lgi dia.. :D
avatar
-KeyduT_F2-
Fixy-Fact Worker
Fixy-Fact Worker

Posts : 275
Credits : 471
Reputation : 1
City : Bekasi - Surabaya
Browser : Google Chrome

View user profile

Back to top Go down

Re: Misteri Dunia Makluk Halus

Post by sekenflix on Sat Dec 25, 2010 4:19 pm

tapi dia komen tuch.... isi'y gak bermutu...
avatar
sekenflix
Fixy-Fact Worker
Fixy-Fact Worker

Posts : 180
Credits : 202
Reputation : 9
City : Lampung
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Misteri Dunia Makluk Halus

Post by -KeyduT_F2- on Sat Dec 25, 2010 4:31 pm

Gpp nikmatin aja udah,info2 yang ada diforum ini...
Percuma kalau coment doank tapi gk ngebaca post'nya.. :D
Selamat Menikmati...
avatar
-KeyduT_F2-
Fixy-Fact Worker
Fixy-Fact Worker

Posts : 275
Credits : 471
Reputation : 1
City : Bekasi - Surabaya
Browser : Google Chrome

View user profile

Back to top Go down

Re: Misteri Dunia Makluk Halus

Post by ezhaa on Sat Dec 25, 2010 6:55 pm

hus, oot semua jadinya (-_-)

kalo gue, mau setan yang jenis apapun tetep aja gue takut =))

______________________





Smiley Beer Keep Respect Each Other Smiley Beer

Follow me, the coolest moderator ever : @rezadwiky | http://twitter.com/rezadwiky
Become my friend on : https://facebook.com/RezaPhotoworks
avatar
ezhaa
Fixy-Fact Team
Fixy-Fact Team

Posts : 183
Credits : 2750
Reputation : 11
City : I'm Near You
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Misteri Dunia Makluk Halus

Post by sekenflix on Sat Dec 25, 2010 11:29 pm

@^

Iya saya setuju.. jadi o_O~T gini...
ehmm dasar penakut... takut tuch ma tuhan...
avatar
sekenflix
Fixy-Fact Worker
Fixy-Fact Worker

Posts : 180
Credits : 202
Reputation : 9
City : Lampung
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Misteri Dunia Makluk Halus

Post by nightmare on Sun Dec 26, 2010 11:43 am

yg serem kuntilanak gan..
walaupun gw gak pernah liat mukanya, tetep aja serem..
Kesel
avatar
nightmare
Fixy-Fact Activist
Fixy-Fact Activist

Posts : 571
Credits : 844
Reputation : 82
City : in your dreams!
Browser : Google Chrome

View user profile https://www.facebook.com/home.php?#!/Nightmare.Evo

Back to top Go down

Re: Misteri Dunia Makluk Halus

Post by -KeyduT_F2- on Sun Dec 26, 2010 5:19 pm

Gw heran..
kenapa yah gw gak pernah di liatin sama sekali sama yang kayak begituan?? =)) =))
mungkin karena faktor pengaruh keberanian yah,jadi gak di liatin sama yang namanya makluk halus?? :D :D :D
avatar
-KeyduT_F2-
Fixy-Fact Worker
Fixy-Fact Worker

Posts : 275
Credits : 471
Reputation : 1
City : Bekasi - Surabaya
Browser : Google Chrome

View user profile

Back to top Go down

Re: Misteri Dunia Makluk Halus

Post by sekenflix on Sun Dec 26, 2010 7:48 pm

@^

yah karena anda terlalu penakut... jd kasian gan...
nti agan pinsan...
avatar
sekenflix
Fixy-Fact Worker
Fixy-Fact Worker

Posts : 180
Credits : 202
Reputation : 9
City : Lampung
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Misteri Dunia Makluk Halus

Post by -KeyduT_F2- on Sun Dec 26, 2010 7:52 pm

hah??
=)) =))

Justru yang mental2 tempe malah sering di lihatin... :D :D :D
terbalik kalau definisi anda seperti itu... :D :D :D

Ngejar post bro??
Bikin Topic2 yang bermutu aja, dari pada coment yang gk bermutu.. :D :D :D
avatar
-KeyduT_F2-
Fixy-Fact Worker
Fixy-Fact Worker

Posts : 275
Credits : 471
Reputation : 1
City : Bekasi - Surabaya
Browser : Google Chrome

View user profile

Back to top Go down

Re: Misteri Dunia Makluk Halus

Post by hantuasia on Sun Dec 26, 2010 8:11 pm

menurut guru hypnosis ane tentang dunia perhantuan Yeti
katanya hantu itu gk ada..

semua itu hanyalah imaaajinaaasiiiii~
sama kyk pas kita ketindih.. [tau kan]
tp tetep aja gw takut ama yg kyk gtu..
mending klo mukanya masih berbentuk..
klo kagak gmn ~_~
-----------

tp ada jg yg berpendapat lain..
coba cari di kaskus.. = Mraga sukma
mraga sukma tu ilmu yg dipake buat melepas roh dr tubuh..
dan bisa kemana mana,, walopun kita dlm keadaan tidur [banyak yg udah buktiin]
saat kita mraga sukma.. kita bisa ngeliat makhluk halus..
jadi yg penakut gk mungkin bisa pke tuh ilmu..

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5297371
avatar
hantuasia
Fixy-Fact Citizen
Fixy-Fact Citizen

Posts : 37
Credits : 38
Reputation : 1
City : DKI jakarta
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Misteri Dunia Makluk Halus

Post by -KeyduT_F2- on Sun Dec 26, 2010 11:43 pm

=)) =))
Gpp minta nomer2 wangsit sekalian bro,sapa tau dapet tambahan dari situ mayan.. =)) =))
avatar
-KeyduT_F2-
Fixy-Fact Worker
Fixy-Fact Worker

Posts : 275
Credits : 471
Reputation : 1
City : Bekasi - Surabaya
Browser : Google Chrome

View user profile

Back to top Go down

Re: Misteri Dunia Makluk Halus

Post by p4sg4bu on Mon Dec 27, 2010 12:43 pm

makan na kita selalu mendekatkan diri kpd tuhan,,,,,
avatar
p4sg4bu
Fixy-Fact Worker
Fixy-Fact Worker

Posts : 366
Credits : 431
Reputation : 32
City : indonesia
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Misteri Dunia Makluk Halus

Post by nightmare on Mon Dec 27, 2010 4:40 pm

padahal lebih serem setan yang gak kelihatan ya..
soalnya dia yang bikin kita jadi dosa..
>:)
avatar
nightmare
Fixy-Fact Activist
Fixy-Fact Activist

Posts : 571
Credits : 844
Reputation : 82
City : in your dreams!
Browser : Google Chrome

View user profile https://www.facebook.com/home.php?#!/Nightmare.Evo

Back to top Go down

Re: Misteri Dunia Makluk Halus

Post by hantuasia on Mon Dec 27, 2010 5:50 pm

@^

gk nightmare..
kata guru ngaji ane.. setan gk terlalu bikin kita dosa.

yg bikin dosa itu hawa nafsu..
contohnya bulan puasa, setan kan dah diiket gk kmn mn..
buktinya masih ada yg berbuat dosa..
avatar
hantuasia
Fixy-Fact Citizen
Fixy-Fact Citizen

Posts : 37
Credits : 38
Reputation : 1
City : DKI jakarta
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Misteri Dunia Makluk Halus

Post by sekenflix on Tue Dec 28, 2010 1:44 am

Kata Bapak Tebe...
Ehm...
Betul gan... hawa nafsu lebih dr pd setan..
justru dibulan puasa orang lebih parah...
padahal itu kan bulan suci..
avatar
sekenflix
Fixy-Fact Worker
Fixy-Fact Worker

Posts : 180
Credits : 202
Reputation : 9
City : Lampung
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Misteri Dunia Makluk Halus

Post by -KeyduT_F2- on Tue Dec 28, 2010 3:29 am

Sorry Kalau Saya Waktunya Ibadah yah Ibadah,Buat Dosa Ya Buat Dosa.. Silent Smile

Pas bulan puasa buktinya saya bisa menahan hawa nafsu.. Silent Smile

Tergantung Orangnya Saja Kalau Gitu.. :D :D
avatar
-KeyduT_F2-
Fixy-Fact Worker
Fixy-Fact Worker

Posts : 275
Credits : 471
Reputation : 1
City : Bekasi - Surabaya
Browser : Google Chrome

View user profile

Back to top Go down

Re: Misteri Dunia Makluk Halus

Post by p4sg4bu on Tue Dec 28, 2010 9:52 am

@nightmare kuntilanak ga serem gan malah ada yg bilang kuntilanak cantik,,,,,,

kalau pocong tuh baru serem,,,,,,
avatar
p4sg4bu
Fixy-Fact Worker
Fixy-Fact Worker

Posts : 366
Credits : 431
Reputation : 32
City : indonesia
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Misteri Dunia Makluk Halus

Post by -KeyduT_F2- on Tue Dec 28, 2010 2:38 pm

p4sg4bu wrote:@nightmare kuntilanak ga serem gan malah ada yg bilang kuntilanak cantik,,,,,,

kalau pocong tuh baru serem,,,,,,

Langsung Sikat Bro Kalau Ketemu Kuntilakan yang Cantik.. :D :D :D
avatar
-KeyduT_F2-
Fixy-Fact Worker
Fixy-Fact Worker

Posts : 275
Credits : 471
Reputation : 1
City : Bekasi - Surabaya
Browser : Google Chrome

View user profile

Back to top Go down

Re: Misteri Dunia Makluk Halus

Post by p4sg4bu on Tue Dec 28, 2010 5:39 pm

ntar kalau w ketemu ya,,,,,


ntar w minta nomor na dah,,,,
avatar
p4sg4bu
Fixy-Fact Worker
Fixy-Fact Worker

Posts : 366
Credits : 431
Reputation : 32
City : indonesia
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Misteri Dunia Makluk Halus

Post by Sponsored content


Sponsored content


Back to top Go down

Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum