Fixy-Fact
Hi,

Are you a member? Please Log In. If not, please click 'Register' on above menu. Quick to register and simply just click here to make an account, this account will become your identity while you enjoy full features of Fixy-Fact forum and make sure you fill in data with correctly.

Make sure you read terms of agreement in our forum to prevent disobedient, click here to go.

Thank you for your concern!

Best,
Fixy-Fact Team

Kenapa Remaja Susah Bangun Pagi?

Go down

Kenapa Remaja Susah Bangun Pagi?

Post by p4sg4bu on Mon Jan 03, 2011 8:25 pm



Jakarta, Orangtua kadang harus berteriak-teriak atau bolak-balik membangunkan anak remajanya di pagi hari agar tidak terlambat sekolah. Tapi si anak tetap saja sulit bangun. Sampai-sampai ada istilah bunyi yang menggelar pun tidak akan membuat si anak bangun.

Membangunkan anak remaja di pagi hari kadang membuat orangtua frustasi. Tidak sedikit orangtua yang akhirnya mengeluarkan kata-kata, 'Dasar pemalas', 'Mau jadi apa kamu kalau tidur terus' atau 'Bangun tidur saja susah apalagi yang lain'.

Kondisi susah membangunkan anak remaja dan anak remaja yang sulit bangun pagi dialami hampir seluruh orangtua dan anak remaja di dunia.

Kenapa anak remaja sulit bangun pagi?
Hasil penelitian yang dilakukan Mary Carskadon, profesor psikiatri dari Brown University tahun 2005 mencatat ada sekitar 30 persen remaja yang mengalami gangguan tidur. Usia remaja ini berkisar 10-18 tahun. Anak-anak usia remaja ini membutuhkan tidur waktu tidur 9-10 jam sehari.

Usia remaja adalah saat anak mengalami pubertas. Memasuki periode ini, tubuh remaja akan menyesuaikan diri termasuk waktu jam tidurnya.

Saat pubertas tubuh remaja akan mengalami pergeseran waktu tidur malam sekitar 2 jam dan kebanyakan tidak akan bisa tidur di bawah jam 11 malam. Ketika puber, tubuh remaja akan mengalami perubahan hormon dan hormon melatonin yang merangsang tubuh cepat tidur juga tertunda produksinya.

Bisa saja orangtua menyuruh anak masuk kamar dan tidur jam 10 malam tapi yang terjadi si anak hanya melihat langit-langit kamar dan mungkin baru akan mengantuk sekitar pukul 1 pagi.

Itulah yang menyebabkan remaja kesulitan bangun pagi. Karena jadwal tidurnya lebih larut sementara kebutuhan tidurnya 9 jam yang membuatnya sangat tersiksa bangun di pagi hari.

Jelas saja ini berbeda dengan waktu tidur orangtuanya. Orang dewasa bisa tanpa sadar tertidur pukul 10 malam dan hanya butuh 7-8 jam untuk tidur cukup.

"Remaja seperti berperang ketika harus bangun pagi, tapi itu tidak sepenuhnya kesalahan mereka," kata Jodi Mindell, pakar gangguan tidur anak dari the Children's Hospital of Philadelphia seperti dilansir dari Natioanl Sleep Organizaton, Minggu (25/4/2010).

Ritme sirkadian (jam biologis) remaja membuatnya lebih terjaga di malam hari sehingga seringkali remaja tertidur di dalam kelas.

Beberapa sekolah di Minneapolis, Amerika telah mengubah jadwal masuk sekolah dari semula pukul 07.00 menjadi pukul 08.00-08.30. Perubahan jam sekolah ini untuk membantu siswa lebih siap menghadapi pelajarannya.

Namun perubahan hormon bukan satu-satunya yang menjadi penyebab susah tidur remaja. Kebiasaan minum-minuman kafein, tidur di depan TV, tidur dengan cahaya terang juga memicu remaja semakin susah tidur malam.

Mengisi kegiatan dengan esktrakurikuler seperti olahraga atau kegiatan seni akan bagus buat remaja, sehingga ketika malam tubuhnya akan cepat tertidur karena sudah kelelahan.

Membuat jam tidur malam yang teratur buat remaja mungkin sulit, tapi dengan membiasakan memiliki jam tidur teratur akan membantu mengatasi remaja memiliki jam tidur yang baik. Remaja yang kurang tidur akan berpengaruh terhadap emosinya yang menjadi gampang marah dan mudah dipengaruhi hal-hal negatif.

Sebaiknya diperhatikan pula hal-hal yang bisa memperparah gangguan tidur remaja:

1. Jauhi minuman kafein dan nikotin yang dapat mengganggu tidur.
2. Hindari permainan komputer sebelum tidur.
3. Hindari berdebat dengan remaja sebelum tidur.
4. Hindari tidur dengan sinar komputer atau TV yang berkelap-kelip di kamarnya.
5. Hindari cahaya terang di malam hari sebaiknya matikan lampunya saat tidur yang akan mempercepat produksi hormon melatonin
6. Biarkan remaja tidur pada akhir pekan, tetapi tidak lebih dari 2 atau 3 jam agar tidak mengganggu jam tubuh mereka.
avatar
p4sg4bu
Fixy-Fact Worker
Fixy-Fact Worker

Posts : 366
Credits : 431
Reputation : 32
City : indonesia
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Kenapa Remaja Susah Bangun Pagi?

Post by kl4nt!ng on Mon Jan 03, 2011 8:40 pm

wah bener juga tuh ane juga susah bangun pagi,,,,,,
avatar
kl4nt!ng
Fixy-Fact Student
Fixy-Fact Student

Posts : 52
Credits : 62
Reputation : 0
City : indonesia
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Kenapa Remaja Susah Bangun Pagi?

Post by p4sg4bu on Mon Jan 03, 2011 8:58 pm

makan na biasain dong
avatar
p4sg4bu
Fixy-Fact Worker
Fixy-Fact Worker

Posts : 366
Credits : 431
Reputation : 32
City : indonesia
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Kenapa Remaja Susah Bangun Pagi?

Post by nightmare on Tue Jan 04, 2011 11:08 am

ane anaknya rajin gan.. Bangun gak pernah lebih dari jam 6 pagi..
Silent Smile
avatar
nightmare
Fixy-Fact Activist
Fixy-Fact Activist

Posts : 571
Credits : 844
Reputation : 82
City : in your dreams!
Browser : Google Chrome

View user profile https://www.facebook.com/home.php?#!/Nightmare.Evo

Back to top Go down

Re: Kenapa Remaja Susah Bangun Pagi?

Post by p4sg4bu on Tue Jan 04, 2011 5:49 pm

kalau itu nama rajin bangun siang gan


Silent Smile
avatar
p4sg4bu
Fixy-Fact Worker
Fixy-Fact Worker

Posts : 366
Credits : 431
Reputation : 32
City : indonesia
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Kenapa Remaja Susah Bangun Pagi?

Post by kl4nt!ng on Wed Jan 05, 2011 5:35 pm

kalau ane mah bgun jam 5 pagi tapi kalau sekolah
avatar
kl4nt!ng
Fixy-Fact Student
Fixy-Fact Student

Posts : 52
Credits : 62
Reputation : 0
City : indonesia
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Kenapa Remaja Susah Bangun Pagi?

Post by Evolution on Wed Jan 05, 2011 5:53 pm

senen sampe jumat ane bangun jam 5, tapi sabtu and minggu ane paling cepet bangun jam 9.. Silent Smile
avatar
Evolution
Newbie
Newbie

Posts : 9
Credits : 10
Reputation : 1
City : my home
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Kenapa Remaja Susah Bangun Pagi?

Post by p4sg4bu on Wed Jan 05, 2011 7:54 pm

och ane juga gan,,,,

Silent Smile
avatar
p4sg4bu
Fixy-Fact Worker
Fixy-Fact Worker

Posts : 366
Credits : 431
Reputation : 32
City : indonesia
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Kenapa Remaja Susah Bangun Pagi?

Post by kl4nt!ng on Sat Jan 08, 2011 9:09 am

sya setiap pagi bgn pagi tapi jam 9
avatar
kl4nt!ng
Fixy-Fact Student
Fixy-Fact Student

Posts : 52
Credits : 62
Reputation : 0
City : indonesia
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Kenapa Remaja Susah Bangun Pagi?

Post by p4sg4bu on Sat Jan 08, 2011 9:32 pm

sekalian aja jam 12
avatar
p4sg4bu
Fixy-Fact Worker
Fixy-Fact Worker

Posts : 366
Credits : 431
Reputation : 32
City : indonesia
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Kenapa Remaja Susah Bangun Pagi?

Post by kl4nt!ng on Sun Jan 09, 2011 9:04 am

kaga ah kesiangan
avatar
kl4nt!ng
Fixy-Fact Student
Fixy-Fact Student

Posts : 52
Credits : 62
Reputation : 0
City : indonesia
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Kenapa Remaja Susah Bangun Pagi?

Post by p4sg4bu on Sun Jan 09, 2011 10:17 am

terserah lw yg menting jgn bgn siang2
avatar
p4sg4bu
Fixy-Fact Worker
Fixy-Fact Worker

Posts : 366
Credits : 431
Reputation : 32
City : indonesia
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Kenapa Remaja Susah Bangun Pagi?

Post by DonFixyboys* on Tue Jan 18, 2011 10:10 pm

tergantung amal dan perbuatan Silent Smile
avatar
DonFixyboys*
The Godfather
The Godfather

Posts : 642
Credits : 1395
Reputation : 26
City : Jakarta
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Kenapa Remaja Susah Bangun Pagi?

Post by gKz on Sat Jan 22, 2011 4:49 pm

lha guanya kerja malem,
gimana gak mau tidur pagi alias bangun siang..

______________________

avatar
gKz
Magnificent Mod
Magnificent Mod

Posts : 65
Credits : 2572
Reputation : 6
City : SEPGR//Denpasar//Bali
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Kenapa Remaja Susah Bangun Pagi?

Post by nightmare on Tue Apr 10, 2012 10:11 am

gKz wrote:lha guanya kerja malem,
gimana gak mau tidur pagi alias bangun siang..

bukannya bangun pagi, tapi malah tidur pagi... :lol:
avatar
nightmare
Fixy-Fact Activist
Fixy-Fact Activist

Posts : 571
Credits : 844
Reputation : 82
City : in your dreams!
Browser : Google Chrome

View user profile https://www.facebook.com/home.php?#!/Nightmare.Evo

Back to top Go down

Re: Kenapa Remaja Susah Bangun Pagi?

Post by dianpepe on Tue Aug 07, 2012 2:31 am

yah gmn mu tdr sore om..plg kerja aj bs jm11 jm12..
avatar
dianpepe
Fixy-Fact Citizen
Fixy-Fact Citizen

Posts : 16
Credits : 16
Reputation : 0
City : Jakarta
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Kenapa Remaja Susah Bangun Pagi?

Post by dianpepe on Tue Aug 07, 2012 2:32 am

yah gmn mu tdr sore om..plg kerja aj bs jm11 jm12.. (-_-)
avatar
dianpepe
Fixy-Fact Citizen
Fixy-Fact Citizen

Posts : 16
Credits : 16
Reputation : 0
City : Jakarta
Browser : Mozilla Firefox

View user profile

Back to top Go down

Re: Kenapa Remaja Susah Bangun Pagi?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Back to top Go down

Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum